Welcom Guest

Rabu, 09 Maret 2011

Perkembagan Islam pada periode klasik

Sejarah perkembangan islam secara umum dapat di bagi menjadi beberapa periode yaitu Priode klasik dan Periode pertengahan dan periode modern.
Sejak berdirinya dinasti umayyah di Damaskus, yang didirikan oleh dinasti muawiyah bin abi sofian, setelah ali bin abi thalib meraih kursi kekalifahan. dari tangan hasan bin ali bin abi thalib pada peristiwa amul jama'ah yang terjadi pada tahun 600 masehi. Bagaimana perkembangan peradaban islam pada masa ini ? ikuti pembahasan berikut.

  1. Dinasti umayyah

    berdirinya dinasti umayyah
    peristiwa penting yang mengawali periode klasik sejarah perkembangan uamt islam. peran siffin (657 ), tahkim ( 658 ),  amul jama'ah (661 ) rankaian peristiwa ini mengawali naiknya bani umayyah ke tangga puncak kekuasaan atas umat islam.
    sebenarnya, sal usuk berdirinya dinasti bani umayyah dapat di telusuri hingga peristiwa pembunuhan khalifah usman bin affan. setelah itu di angakat khalifah ali bin abi thalib jadi khalifah. namun tak semua kaum muslimin mau membai'at ali jadi khalifah. yaitu golongan mu'awiyah.dia mau kalau membai'at ali kalau ali mau menghukum orang-orang yang membunuh khalifah usman.

    akibat penentangan ini mu'awiyah, pecahlah perang siffin pada tahun 657 masehi. ketika itu tentaranya terdesak, pihak mu'awiyah meminta arbitrase dengan pihak ali. peristiwa mengakhiri prang siffin ini di kenal  sebutan tahkim. tahkim di mulai dengan dilaksanakan perundingan untuk menentukan dilaksanakan utusan tiap-tiap pihak yakni ali mengutus abu musa al-syari san pihak muawiyaah menunjuk amr bin ash. perundingan ini dilaksanakan di daumatul jandal, antara tahun 36-37hijriah. setelah itu, ternyata pihak mu'awiyah menghianati hasil kesepakatan itu. yang telah di hasilkan sebelumnya. beberapa tahun kemudian setelah tahkim, khalifah ali terbunuh, tepatnya tanggal 19 ramadhan 40 hijriah. setelah itu kekhalifan di serahkan ke anak ali yaitu hasan. tapi berkat kelicikan mu'awiyah. ia dapat merebut kursi kekhalifan dari hasan.

    Sebenarnya, mu'awiyah telah di bai'at oleh pendukungnya untuk menjadi khalifah. pada tahun 40 hijriyah. di illya yerussalem. Kekuasaannya sebelum amul jama'ah meruupakan sangat penting bagi dinasti umayyah. Karena menjadi tanda pengukuh bagi eksistensi bani umayyah. Pada peristiwa itulah para pengikut hasan dan husain membai'at umayyah.
  2.  
    Para khalifah bani umayyah.
    1. Muawiyah bin abu sufiyan/ Mua'wiyah 1 ( memerintah pada 661-680)
    2. Yazid bin muawiyah / yazid 1 ( 680-683)
    3. Mu'awiyah bin yazid (683)
    4. Marwan bin hakam / marwan 1 ( 683-685)
    5. Abdul malik bin marwan ( 685-705 ) 
    6. Walid bin abdul malik ( 70-715) 
    7. Sulaiman bin abdul malik
       
       

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar